Vrydag 22 Maart 2013

Review: Inggris Hantam San Marino Delapan Gol



Selebrasi pemain timnas Inggris. © AFP

Bola.net - Inggris masih terlalu kuat untuk tuan rumah San Marino. Pasalnya, skuad asuhan Roy Hodgson ini benar-benar menghajar mereka dengan gelontoran delapan gol tanpa memberikan lawannya kesempatan untuk membalas sekali pun.

Tampil di Olimpico di Serravalle, markas San Marino sama sekali tidak membuat Inggris tampil gugup. Malahan, Tim Tiga Singa ini mampu membombardir gawang tamunya dengan lesakan delapan gol yang masing-masing dicetak oleh gol bunuh diri Alessandro Della ValleAlex ChamberlainAshley YoungFrank LampardWayne RooneyDaniel Sturridge serta sepasang gol dari Jermain Defoe.

Selepas kick off Inggris langsung mengambil inisiatif menyerang. Akan tetapi, menumpuknya pemain di area kotak 16 San Marino sedikit menyulitkan Inggris untuk membuka keunggulan.

Namun sayang, pertahanan ketat tuan rumah tersebut harus runtuh oleh bunuh diri yang dilakukan Della Valle pada menit 12. Bermaksud memotong bola Leighton Baines kepada Rooney, Della Valle malah mengirim bola masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Gol tersebut seolah menjadi pembuka keran gol bagi skuad The Three Lions. Pasalnya, pada menit 28 Inggris berhasil menggandakan keunggulan mereka melalui aksi luar biasa Alex Chamberlain yang mampu melewati beberapa pemain belakang San Marino sebelum melepaskan tembakan keras yang merobek gawang kiper Aldo Junior Simoncini.

Tak berhenti sampai di situ, Inggris kembali mengoyak gawang San Marino melalui aksi Defoe pada menit 35 yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang telah kosong usai menerima umpan dari sundulan Chamberlain di dalam kotak penalti.

Empat menit berselang Inggris semakin jauh meninggalkan San Marino setelah sepakan keras Young dari luar kotak penalti gagal dibendung oleh Simoncini. 4-0 Inggris memimpin. Tiga menit sebelum waktu normal berakhir, Lampard semakin menambah derita tuan rumah setelah sepakannya dari dalam kotak penalti memaksa kiper Simoncini memungut bola dari gawangnya untuk kali kelima di babak pertama.

Meski telah unggul jauh, Inggris masih belum mau mengendurkan serangan mereka di babak kedua. Barisan depan tim asal negeri Ratu Elizabeth ini masih giat melakukan serangan guna menambah memperlebar jarak di antara keduanya. Akan tetapi, San Marino tampil lebih rapi dan mampu sedikit meredam pergerakan para pemain Inggris.

Akan tetapi, tendangan bebas terarah Rooney pada menit 54 tak kuasa dibendung oleh kiper Simoncini dan sekaligus mengubah kedudukan menjadi 6-0.

Merasa telah telah berada dalam posisi aman, Hodgson memilih untuk menyimpan sejumlah pemain kuncinya. Rooney dan Tom Cleverley ditarik keluar guna digantikan oleh Sturridge dan Leon Osman. Begitu juga dengan Lampard yang digantikan oleh Scott Parker.

Meski begitu, hal tersebut sama sekali tidak menghentikan Inggris untuk menambah pundi-pundi gol mereka. Bahkan pada menit 70 Sturridge akhirnya mampu membayar kepercayaan Hodgson dengan mencetak gol pertamanya di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014 ini. Bahkan, menit 78 Defoe menggenapkan keunggulan tim tamu menjadi 8-0 setelah dengan sempurna memanfaatkan assist dari Kyle Walker.

Meski menang, Inggris masih juga belum beranjak dari posisi dua karena pada waktu yang bersamaan, Montenegro juga mengantongi kemenangan atas lawannya, Moldova. Selain itu kemenangan tersebut juga menjadi kemenangan terbesar bagi Inggris dalam 26 tahun sejak mengalahkan Turki dengan skor yang sama.

Starting XI kedua tim:
San Marino: Simoncini, Vitaioli, Palazzi, Della Valle,  D. Simoncini (kuning 52'), Cervellini (kuning 59'), Gasperoni, Bollini (Valentini 81'), Cibelli (Buscarini 65'), Vitaioli. Selva (Rinaldi 75').

Inggris: Hart, Walker, Baines, Lescott, Smalling, Cleverley (Osman 55'), Oxlade-Chamberlain, Lampard (Parker 66'), Young, Defoe, Rooney (Sturridge 55').

Statistik:
Penguasaan bola: 17% - 83%
Shots(on goal): 2(0) - 27(12)
Sepak pojok: 1 - 15
Offside: 2 - 3
Pelanggran: 11 - 8
Kartu kuning: 2 - 0
Kartu merah: 0 - 0. (bola/bgn)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking